Penerapan Komputasi Modern dalam Bidang Pendidikan, Sejarah Software Komputer, dan Macam-macam Komputasi Modern dan contoh penerapannya


1.     Penerapan Komputasi Modern dalam Bidang Pendidikan




Vclass Universitas Gunadarma adalah contoh penerapan system komputasi modern, yang mana dosen dapat memberi tugas dan materi didalamnya. Fitur baru juga ada pada vclass Universitas Gunadarma yaitu system Chat yang mana kita bisa mengirim pesan dari mahasiswa ke dosen ataupun sebaliknya, sehingga memudahkan dalam penyampaian materi atau tugas. Berikut adalah system chat.


Adapun cara pengerjaan tugas bisa bermacam-macam ada yang pilihan ganda, essay, true-false, dll. Berikut adalah contoh vclassnya.



Ini adalah contoh vclass essay yang mana kita disush untuk mengung.gah hasil jawaban kita pada kolom upload.

2.    Sejarah Software Komputer

Definisi softwaremenurut ahli dapat didefinisikan sebagai instruksi terprogram yang disimpan dalam memori komputer digital yang disimpan dalam program untuk eksekusi oleh prosesor. Software adalah perkembangan terbaru dalam sejarah manusia, dan merupakan kebutuhan yang mendasar dari era Informasi.

Sejarah pengembangan softwaredimulai sebelum adanya komputer. Menurut sejarah adanya komputer, software dibuat jauh sebelum komputer elektronik pertama muncul. Sebagai penggagas konsep software, diberikan kepada Charles Babbage yang menciptakan softwarepada pertengahan 1800-an

Namun sebenarnya teori software pertama kali diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935 dalam esainya “Nomor komputasi dengan aplikasi ke masalah Entscheidung.” Namun, kata software diciptakan oleh matematikawan dan ahli statistik John Tukey pada tahun 1958. John Tukey adalah ahli Matematika dari Amerika yang membahas program kalkulator elektronik.

Alan Turing menjadi orang pertama yang datang dengan teori untuk software pada tahun 1935 dan didaulat sebagai penemu software. Ia yang menyebabkan dua bidang akademik ilmu komputer dan rekayasa softwaremenjadi saat ini.

Generasi pertama software untuk komputer digital program sendiri mulai muncul pada tahun 1940-an. Pada sat itu software memiliki instruksi yang ditulis langsung dalam kode biner, yang umumnya ditulis untuk komputer mainframe.

Kemudian, bahasa program semakin berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Semakin berkembangnya teknologi maka semakin membuat software juga ikut berkembang.

Kategori Software dalam Komputer
Perangkat Lunak sering dibagi menjadi tiga kategori yaitu:

1. Software sistem

Software sistem mencakup sistem operasi dan semua utilitas yang memungkinkan komputer berfungsi. Software sistem berfungsi sebagai dasar untuk software aplikasi. Software sistem termasuk driver perangkat, sistem operasi (OS), kompiler, disk formatter, editor teks dan kesatuan yang membantu komputer untuk beroperasi lebih efisien.

Software sistem juga bertanggung jawab untuk mengelola komponen hardwaredan menyediakan fungsi dasar non-tugas-spesifik. Software sistem biasanya ditulis dalam bahasa pemrograman C.

2. Software pemrograman

Software pemrograman adalah seperangkat alat untuk membantu pengembang dalam menulis program. Berbagai alat yang tersedia dalam pemrogaman adalah compiler, linker, debugger, interpreter, dan editor teks.

3. Software aplikasi

Pengertian software aplikasi dimaksudkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Contoh software aplikasi termasuk suite kantor, aplikasi game, sistem basis data, dan software pendidikan. Software aplikasi dapat berupa satu program atau kumpulan program kecil.

Softwareatau aplikasi termasuk program yang melakukan pekerjaan nyata bagi pengguna. Misalnya, pengolah kata, spreadsheet, dan sistem manajemen basis data termasuk dalam kategori software aplikasi.

Contoh-Contoh Software Dalam Komputer:

1. Software Sistem

Softwaresistem adalah software yang dapat digunakan untuk mengontrol sistem dan juga digunakan untuk menjalankan aplikasi.

Contoh: DOS, Unix dll.


2. Software Aplikasi

Softwareaplikasi adalah software yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu.

Contoh penghitungan, penggajian, dll.


3. Software Utilitas

Software utilitas adalah software yang digunakan oleh semua orang.

Contoh: -MS Office.


4. Software Presentasi

Softwarepresentasi adalah software yang digunakan untuk membuat presentasi di komputer.

Contoh PowerPoint.


5. Bahasa Software

Bahasa software adalah softwareyang digunakan untuk mengembangkan bahasa kode.

Contoh: -c, c ++, HTML5 dll.


3. Macam-macam Komputasi Modern dan contoh penerapannya

Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :

1. Mobile computing


       Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat.

Contoh Mobile Computing :

Setelah kita mengetahui mengapa kita membutuhkan mobile computing, kita bisa menyebutkan mobile applications yang sudah ada saat ini. Diantaranya adalah :

•    Kendaraan(untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)
•    Peralatan Emergensi(akses kedunia luar)
•    Akses web dalam keadaan bergerak
•    Location aware services
•    Information services
•    Disconnected operations (mobile agents)
•    Entertaintment(network game groups

Jenis Mobile Computing :

•    Laptop
•    Wearable computer
•    PDA
•    Smart phone
•    Carputer
•    UMPC


2.    Grid computing


Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah:

  • ·       Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
  • ·       Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
  • ·       Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.


Contoh grid computing:

  • ·       Scientific Simulation: Komputasi grid diimplementasikan di bidang fisika, kimia, dan biologi untuk melakukan simulasi terhadap proses yang kompleks.
  • ·       Medical Images: Penggunaan data grid dan komputasi grid untuk menyimpan medical-image. Contohnya adalah eDiaMoND project
  • ·       Computer-Aided Drug Discovery (CADD): Komputasi grid digunakan untuk membantu penemuan obat. Salah satu contohnya adalah: Molecular Modeling Laboratory (MML) di University of North Carolina (UNC)
  • ·       Big Science: Data grid dan komputasi grid digunakan untuk membantu proyek laboratorium yang disponsorioleh pemerintah Contohnya terdapat di DEISA
  • ·       e-Learning: Komputasi grid membantu membangun infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dalam pertukaran informasi dibidang pendidikan. Contohnya adalah AccessGrid
  • ·       Visualization: Komputasi grid digunakan untuk membantu proses visualisasi perhitungan yang rumit.
  • ·       Microprocessor design: komputasi grid membantu untuk mengurangi microprocessor design cycle dan memudahkan design center untuk membagikan resource lebih efisien. Contohnya ada diMicroprocessor Design Group at IBM Austin


3.    Cloud computing


Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Contoh cloud computing:
  • ·       Email
  • ·       Data storage online
  • ·       Kolaborasi, Penkolaborasian data sering kali diperlukan. Karena data yang ingin kita simpan bermacam-macam jenisnya dan fungsinya. ada banayk tools yang dapat digunakan. Contohnya adalah Spicebird, Mikogo, Stixy and Vyew
  • ·       Bekerja pada virtual office, Sering kita memerlukan office untuk memproses data-data. Saat ini kita dapat menggunakan office tidak hanya yang sudah terinstall namun kita juga dapat menggunakan office yang disediakan secara online. Contohnya antara lain Ajax13, ThinkFree and Microsoft’s Office Live.
  • ·       Kekuatan ekstra processing, Bila membutuhkan kekuatan untuk memproses secara cepat tanpa perlu membeli perangkat tambahan maka salah satu solusinya adalah Amazon’s EC2 virtual computing
  • ·       Ini juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan individu masing -masing orang. contoh yang lain adalah AbiCloud, Elastichosts and NASA’s Nebula platform.



Sumber rujukan:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menumbuhkan Semangat Belajar dalam Kondisi Mewabahnya Virus Corona

Cerita Pengalaman dalam Pencarian Kiat-Kiat Intropeksi Diri