Menumbuhkan Semangat Belajar dalam Kondisi Mewabahnya Virus Corona


Pandemic COVID-19 yang disebabkan oleh virus Corona ini telah menyebar diseluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Pemerintah Indonesia akhirnya mencanangkan sistem Berkerja di Rumah, Belajar di Rumah, dan Beribadah di Rumah. Universitas Gunadarma sendiri menanggapi hal ini dengan surat rector yang memerintah untuk agar semua kegiatan kampus diberehentikan selama satu bulan. Gantinya adalah kuliah online menggunakan vclass atau beberapa dosen menyampaikan materi menggunakan aplikasi Zoom.

Saya sendiri menanggapi hal ini dengan baik, untuk menghentikan rantai penularan COVID-19 karena kampus sendiri adalah tempat yang ramai. Satu bulan tidak ada kegiatan di kampus saya memutuskan untuk pulang kampung. Saya tahu benar risikonya, tapi kalua tidak pulang juga saya akan bosan di kos. Sepulang saya ke kampung, baru sampai rumah saya langsung mencuci semua baju dan setelah itu langsung mandi.

Tentunya selama satu bulan di rumah tidak kemana-mana, semangat belajar pasti naik-turun. Apalagi semenjak pandemi ini semakin banyak dosen memberi tugas dan harus segera mengerjakan skripsi. Saya sendiri sebenarnya mengatasi hal ini dengan tidak memikirkannya tapi langsung kerjakan saja, iya tapi itu pun sebenarnya juga masih kurang. Saya mengerjakan tugas selalu ada saja rasa ingin ke toilet atau disuruh orang tua kemana-mana, dengan demikian saya meninggalkan tugas itu sebentar dengan niat akan melanjutkan setalah mengerjakan hal-hal tersebut. Rasa malas saya ternyata lebih besar dari pada rasa rajin saya. Akhirnya saya tidak melanjutkannya.

Beberapa hari saya pernah belajar atau mengerjakan tugas malam sekitar jam 12. Pada waktu ini saya sangat produktif karena minimnya gangguan, gangguannya hanya kantuk. Dari situ saya berpikir mungkin waktu efektif saya untuk belajar adalah malam menjelang pagi.

Mendengarkan lagu juga membangkitkan semangat belajar dan juga sebagai obat kantuk. Biasanya saya mendengarkan musik yang keras agar tidak mengantuk ataupun terlelap tidur. Selain itu juga perlu tempat yang sedikit orang agar mrngerjakan tetap tenang dan penuh konsentrasi.

Jadi Teknik saya dalam menumbuhkan semangat belajar saat pandemic COVID-19 adalah sebagai berikut;

1.    Dukungan terhadap diri sendiri.
2.    Saat mau belajar pilih jam yang sepi saat orang-orang sudah tidur agar tidak ada gangguan.
3.    Saat mulai proses belajar, mendengarkan musik yang tidak bikin mengantuk.
4.    Jika ada rasa malas harus dipaksa untuk belajar, atau bahasa lainnya harus mengalahkan diri sendiri.

Begitulah kurang lebihnya cara saya menumbuhkan semangat belajar saat masa pandemic COVID-19. Saya beharap pandemic ini cepat berlalu agar kehidupan menjadi normal seperti biasa. Ramadhan juga sebentar lagi semoga semua berbahagia saat Ramadhan tiba dan pandemi hilang sepenuhnya di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Pengalaman dalam Pencarian Kiat-Kiat Intropeksi Diri

Penerapan Komputasi Modern dalam Bidang Pendidikan, Sejarah Software Komputer, dan Macam-macam Komputasi Modern dan contoh penerapannya